Senyumku adalah semangat kalian, karena kalian ku bisa sampai sekarang ini, menjadi dewasa dan banyak pengalaman, terima kasih sahabat.

Jumat, 16 April 2010

Cara Instal Joomla di Web Hosting

Cara Instal Joomla di Web Hosting

JoomlaPosting ini akan menjelaskan bagaimana cara meng-instal Joomla di web hosting. Joomla adalah software CMS (Content Management System) favorit yang banyak sekali penggemarnya. Hal ini karena Joomla memang bagus, praktis dan gratis. Dengan meng-instal-nya di web hosting, kita bisa mencobanya secara online dengan mudah untuk menggali semua potensi yang diberikan oleh Joomla.

Cara meng-instal Joomla di web hosting tentu sangat mudah. Dalam demo ini saya akan menggunakan web hosting SaudagarWeb yang memang menyediakan kemudahan fasilitas dalam meng-instal Joomla. Anda tentu bisa mengikuti langkah demi langkah dalam posting ini untuk mencoba dengan cara mendaftar paket Trial 10 Hari yang disediakan SaudagarWeb.

Kita juga memerlukan domain agar web hosting kita. Untuk domain, Anda bisa menggunakan domain gratis .co.cc, baca posting saya yang berjudul Cara Registrasi Domain Gratis .co.cc untuk mendapatkannya. Menghubungkan nama domain dengan hosting biasanya memerlukan waktu kurang lebih 2 hari menunggu propagasi domain. Jika Anda tidak ingin menunggu selama itu, edit file hosts yang caranya bisa Anda baca dalam posting saya yang berjudul Mengedit File Hosts untuk Mengakses Website.

Langkah-Langkah Instalasi Joomla

Sesudah web hosting dan domain siap, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk meng-instal Joomla di web hosting SaudagarWeb.

  1. Login ke cPanel menggunakan username dan password yang disediakan oleh SaudagarWeb. Gambar berikut ini menunjukkan layar login cPanel.

    Login cPanel

  2. Setelah login sukses, layar cPanel akan ditampilkan. Scroll down pada layar tersebut sampai menemukan grup Software / Services. Klik icon Softaculous yang terdapat dalam grup tersebut. Gambar berikut ini menunjukkan icon Softaculous.

    Softaculous

  3. Kemudian layar Softaculous akan dimunculkan. Di bagian kiri kita akan melihat daftar software yang bisa di-instal menggunakan Softaculous. Cari link Joomla dalam grup Portal/CMS. Klik lin tersebut. Gambar berikut ini menunjukkan link Joomla dalam daftar software Softaculous.

    Joomla

  4. Berikutnya layar auto installer Softaculous akan dimunculkan. Layar tersebut menunjukkan informasi tentang Joomla. Klik pada tab Install untuk membuka form Software Setup. Isi informasi yang diperlukan Joomla dalam form tersebut. Gambar berikut ini menunjukkan form Software Setup Joomla dalam layar Softaculous.

    Software Setup Joomla

    Pilih domain (atau sub domain) yang akan kita instal Joomla. Dalam demo ini saya meng-instal Joomla dalam sub domain joomla.demo.saudagarweb.com yang sudah saya buat sebelumnya. Kemudian jangan lupa kosongkan textbox In Directory untuk meng-instal Joomla di direktori utama domain / sub domain pilihan kita.

    Setelah semuanya terisi, klik tombol Install.

  5. Tak berapa lama kemudian proses instalasi segera dimulai. Tunggu saja proses tersebut karena hanya sebentar. Setelah proses intalasi berhasil, layar pemberitahuan akan ditampilkan seperti terlihat dalam gambar berikut ini:

    Instalasi berhasil

Melihat Hasilnya

Hasil instalasi bisa Anda buka dengan browser di alamat http://joomla.demo.saudagarweb.com. Layar tersebut menunjukkan instalasi Joomla standar versi 1.5 disertai dengan data-data contoh. Gambar berikut menunjukkan layar tersebut:

Layar demo Joomla

Layar administrasi bisa diakses di http://joomla.demo.saudagarweb.com/administrator. Layar berikut menunjukkan layar admin Joomla setelah login dengan username dan password yang kita tentukan pada saat instalasi.

Layar admin Joomla

Kesimpulan

Meng-instal Joomla di web hosting boleh dibilang mudah dan sederhana. Dengan fasilitas auto installer yang disediakan oleh web hosting (SaudagarWeb), meng-instal Joomla menjadi semudah klik mouse sana-sini dan ketik beberapa kata ke keyboard. Posting ini menguraikan di mana mouse harus di klik dan apa yang di ketikkan dalam keyboard agar Joomla bisa segera online. Selamat mencoba!

1 komentar:

Anonim mengatakan...

The elegance of a saree can be observed from the fact that it looks extremely beautiful on women of any shape [url=http://heartandsoleshoes.doomby.com/blog/if-you-wish-to-spice-up-your-look-with-bright-splashes-from-the-shades-of-the-rainbow.html]shoes21[/url]If you think this might be triggering your dry itchy skin problem [url=http://quizilla.teennick.com/my/journal/2557480/the-end-of-product-sales-are-a-mess]shoes2[/url] A shoe size that matches the size of your feet is often offered [url=http://redshoesdiscount.edublogs.org/2013/05/29/so-how-audibly-told-the-guests/]shoes2[/url] Which helped the lower lumbar pain

Iklan

EuroTradeMails EuroTradeMails instaptr.com