Senyumku adalah semangat kalian, karena kalian ku bisa sampai sekarang ini, menjadi dewasa dan banyak pengalaman, terima kasih sahabat.

Kamis, 02 Februari 2012

Mengembalikan file yang hilang dari virus

Mengembalikan File Yang Diserang Virus: Bila Anda memiliki file yang diserang virus sudah tentu akan sangat menjengkelkan. Untuk orang awam yang baru mengenal komputer, sudah pasti akan membuatnya takut. Sebetulnya, virus cuma menyembunyikan file kita yang asli, bukan menghapusnya. File yang ditampilkan yang sangat mirip dengan file asli kita adalah hasil duplikasi yang dihasilkan oleh si virus dengan ekstensi yang sudah diubah olehnya (virus), sementara file yang asli, atributnya diubah menjadi file system, sehingga file tersebut menjadi super hidden. Walaupun diubah di folder option dengan mengaktifkan [show hidden file and folder], namun tetap tidak kelihatan akan terlihat

Pada tips trik komputer kali ini akan diberitahukan cara mengembalikan file yang diserang virus. Berikut triknya:
  • Buka [Window Explorer].
  • Klik menu [Tools] > [Folder option].
  • Klik tab [View].
  • Hilangkan ceklis [Hide protected system files (Recommended)].
  • Maka akan ada peringatan yang muncul, klik saja [Yes].

Kita bisa membuat normal kembali file-file yang sudah disembunyikan oleh virus. Untuk membuat file-file tersebut kembali, caranya:
Hapus virus dengan antivirus yang Anda miliki, contohnya AVG.
Setelah virus terdeteksi dan dihapus, bukalah program [Notepad] Anda.
Setelah terbuka ketik [ATTRIB *.* -s -h -r /s /d].
Lalu simpan dengan extensi [.bat], contohnya: [tes.bat]. namun sebelumnya ubah dulu [Save as type] menjadi [All Files].
Maka Anda akan mendapati file [tes.bat].
Copy-kan file tersebut ke direktori dimana file-file Anda disembunyikan oleh virus. Contohnya di direktori [D:\FILES\LAIN].
Lalu jalankan dengan mendouble kliknya.
Maka file-file yang disembunyikan oleh virus akan kembali normal dan bisa kita buka lagi.
Cara ini bisa juga untuk flashdisk, MMC, dll.
Jadi, jangan takut kalau file atau folder Anda diserang oleh virus. Dengan cara di atas, file atau folder yang disembunyikan oleh virus akan tetap dapat Anda akses kembali. Cara ini hanyalah salah satu cara untuk mengembalikan file atau folder yang diserang oleh virus. Kalau [Folder Option] juga dihilangkan oleh virus, maka ada cara lain yang dapat kita lakukan dan caranya juga tentu saja akan berbeda. Moga moga ada yang mengalami masalah ini sehingga ingin mencoba.
Sumber Yasir Bakhtiar

Tidak ada komentar:

Iklan

EuroTradeMails EuroTradeMails instaptr.com