Senyumku adalah semangat kalian, karena kalian ku bisa sampai sekarang ini, menjadi dewasa dan banyak pengalaman, terima kasih sahabat.

Selasa, 06 Desember 2011

Cara Insalasi Zone Alarm

 
1.      Sebelum melakukan instalasi persiapkan terlebih dahulu software ZoneAlarm.  Program tersebut bisa didownload di internet
2.    Klik program tersebut untuk memulai proses instalasi
3.    Tentukan direktori tujuan instalasi, lalu klik Next. 


                                                             
4.    Selanjutnya akan muncul window User Information. Masukkan identitas nama,  perusahaan  dan alamat email. Kemudian klik Next. 
 
5.      Pada window ZoneAlarm Installation, maka akan dipaparkan informasi mengenai License Agreement ZoneAlarm.  Silakan baca informasi tersebut kemudian beri tanda pada kolom “I accept the terms of the preceding License Agreement”, lalu klik tombol Install

 
6.      Jika  proses  instalasi  sudah  selesai,  akan muncul  window  User  Survey.  Opsi  ini  boleh diisi atau diabaikan. Kemudian klik Finish.

7.      Akan muncul window yang menyatakan bahwa instalasi telas selesai, kemudian klik yes jika ingin menjalankan program ZoneAlarm
 
8.      Selanjutnya Zone Labs akan memberikan detil informasi mengenai ZoneAlarm. 
 
III.2  Konfigurasi ZoneAlarm 
 
1.      Zone Labs akan memberikan detil beberapa konfigurasi penting di ZoneAlarm. 
 
 
2.      Klik Next untuk melangkah ke informasi selanjutnya. 
1.      Sekarang  kita  akan mengkonfigurasi Web  Surfing  Access.  Disini  akan  ditentukan  program  apa saja  yang  diperbolehkan  mengakses  internet.  Perhatikan  di  bagian  sebelah  kiri  window configuration wizard di bawah ini.  Di sana terdapat beberapa program yang sudah diverifikasi sebagai ‘terpercaya’ dan diizinkan untuk mengakses internet. 
 
2.      Jika diklik Yes, maka ZoneAlarm akan memperbolehkan default web browser dan komponen yang didaftar sebelah kiri window untuk mengakses internet.  Jika dipilih  No,  maka  program  akan meminta otorisasi ketika ada program lain yang mencoba mengakses internet.
3.      Klik Next maka konfigurasi selesai.  ZoneAlarm siap melindungi komputer kita lalu klik Done. 
4.      Anda akan diminta untuk me-restart komputer. 

III.3  Fitur  ZoneAlarm 
 
               ZoneAlarm akan menjelaskan semua fasilitas yang tersedia, mulai dari bagaimana ZoneAlarm melindungi komputer, perlukah kita mengubah settingan default firewall agar lebih aman, bagaimana kita tahu bahwa komputer sudah dilindungi dan informasi lainnya.  Untuk  mengetahui  bahwa  komputer  sudah  dilindungi  ketika  anda  menjalankan  ZoneAlarm  adalah 
munculnya beberapa pop-up alert. Ada dua tipe alert yaitu Program Alerts dan Firewall Alerts. 
 
1.  Program Alerts 
Program alerts membutuhkan respon dari sang pengguna komputer. Program alerts akan muncul ketika ada sebuah program yang mencoba terhubung ke internet. Klik Allow jika anda mengizinkan program tersebut terhubung ke internet, dan klik Deny jika anda menolak program tersebut mengakses internet. Pastikan klik kotak ”Remember this setting” jika anda tidak ingin dimintai konfirmasi lagi.
Jika anda tidak mengenali program yang akan mengakses komputer tersebut, AlertAdvisor siap membantu anda memberikan keterangan. Klik tombol More Info, di sana tersedia detil informasi program dan bagaimana meresponnya.


                    
2.  Firewall Alerts
 Firewall Alerts akan muncul ketika Zone Labs memblokir suatu program tertentu yang akan masuk  ke  komputer.  Anda  tidak  perlu melakukan  aksi  apapun,  komputer  secara  otomatis akan terlindungi. Klik OK untuk menutup alert tersebut. 

III.4  Optimalisasi Firewall ZoneAlarm 
 
Sekarang kita akan mencoba menjelajahi fitur Firewall pada menu Main. Pada menu ini, terdapat  tiga settingan pada internet Zone Security dan Trusted Zone Security yaitu High, Medium dan Low.
•  High 
Settingan  ini  menandakan  bahwa  komputer  berada  pada  posisi  Stealth  Mode,  baik  pada  Internet  Zone  Security  dan  Trusted  Zone  Security.  Artinya  komputer  anda  akan  tampak  tersembunyi (invisible) dan terlindungi dari hacker. Bahkan sharing tidak diperbolehkan. 
•  Medium 
Pada Internet Zone Security, setingan Medium menandakan bahwa komputer anda berada pada posisi Protected Mode namun terlihat (visible). Komputer lain bisa melihat komputer anda namun tidak bisa melakukan sharing resource. Sementara pada Trusted Zone Security, settingan Medium menandakan bahwa komputer lain bisa melihat komputer anda dan bisa melakukan sharing resource.
•  Low 
Setingan Low menandakan bahwa firewall dalam keadaan mati (off), baik pada Internet Zone 
Security dan Trusted Zone Security.
               Di ZoneAlarm, kita juga bisa menentukan alamat IP mana saja ataupun  host  dan  subnet  yang  berhak mengakses  komputer  anda.  Selanjutnya,  kita  akan  mencoba  menambah  Host/Site  yang  dikategorikan dalam Trusted Zone pada menu Zones. Caranya: 
1.  Klik tombol Add >>, lalu pilih Host/Site. 
2.  Pada  window  Add  Host/Site, masukkan  host  name  IP  dan  deskripsi mengenai  host  name
tersebut. 
 
3.  Klik OK. Akan tampil data IP address yang diperbolehkan mengakses komputer anda. 

III.5  Alert & Logs
Melalui fitur Alert & Logs, kita bisa melihat detil rekaman kegiatan security yang berlangsung di komputer kita.

Tidak ada komentar:

Iklan

EuroTradeMails EuroTradeMails instaptr.com