Senyumku adalah semangat kalian, karena kalian ku bisa sampai sekarang ini, menjadi dewasa dan banyak pengalaman, terima kasih sahabat.

Selasa, 06 Desember 2011

Teknik Kendali Firewall

Teknik yang digunakan oleh sebuah firewall dalam mengamankan jaringan di komputer adalah :
  1. Service control (kendali terhadap layanan)
Service control  adalah teknik kendali firewall berdasarkan  pada tipe-tipe   layanan  yang  digunakan   di   internet   dan   boleh   diakses   baik   untuk   ke dalam ataupun keluar firewall.  Biasanya firewall akan memeriksa alamat IP dari komputer sumber, port sumber pada komputer sumber, alamat IP dari komputer tujuan, port tujuan data pada komputer tujuan, protocol IP dan bahkan bisa dilengkapi dengan software untuk proxy yang akan menerima dan menterjemahkan   setiap   permintaan   akan   suatu   layanan   sebelum mengijinkannya.  Bahkan bisa jadi software pada server itu sendiri , seperti layanan untuk web ataupun untuk mail.
  1. Direction Control (kendali terhadap arah)
Direction Control adalah teknik kendali firewall berdasarkan   arah   dari   berbagai   permintaan   (request)   terhadap   layanan   yang   akan   dikenali   dan diijinkan melewati firewall.
  1. User control (kendali terhadap pengguna)
User control adalah teknik kendali firwall berdasarkan pengguna/user yang dapat menjalankan suatu layanan, artinya ada user yang dapat dan ada yang tidak dapat menjalankan suatu layanan.  Biasanya digunakan untuk membatasi  user  dari   jaringan  lokal  untuk mengakses keluar, tetapi bisa juga diterapkan untuk membatasi terhadap pengguna dari luar.
  1. Behaviour Control (kendali terhadap perlakuan)
Behaviour Control adalah teknik kendali firewall berdasarkan seberapa banyak layanan itu telah digunakan. Misal, firewall dapat memfilter email untuk menanggulangi atau mencegah spam.

Tidak ada komentar:

Iklan

EuroTradeMails EuroTradeMails instaptr.com