Senyumku adalah semangat kalian, karena kalian ku bisa sampai sekarang ini, menjadi dewasa dan banyak pengalaman, terima kasih sahabat.

Selasa, 06 Desember 2011

langkah langkah mudah membangun firewall

  1. Mengidenftifikasi bentuk jaringan yang dimiliki. Mengetahui  bentuk jaringan yang dimiliki khususnya topologi yang di gunakan serta protocol jaringan, akan memudahkan dalam mendesain sebuah firewall
  2. Menentukan Policy atau kebijakan
Penentuan Kebijakan atau Policy merupakan hal  yang harus  di   lakukan,  baik atau buruknya sebuah firewall yang di bangun sangat di tentukan oleh policy/kebijakan yang di terapkan. Diantaranya:
    • Menentukan apa saja yang perlu di   layani.  Artinya,  apa saja yang akan dikenai  policy atau kebijakan yang akan kita buat
    • Menentukan  individu  atau kelompok-kelompok yang akan dikenakan policy atau kebijakan tersebut
    • Menentukan  layanan-layanan yang di  butuhkan oleh  tiap  tiap  individu atau kelompok yang menggunakan jaringan
    • Berdasarkan   setiap   layanan   yang   di   gunakan   oleh   individu   atau   kelompok   tersebut   akan ditentukan bagaimana konfigurasi terbaik yang akan membuatnya semakin aman
    • Menerapkankan semua policy atau kebijakan tersebut
3.  Menyiapkan software atau hardware yang akan digunakan, baik  itu operating system yang mendukung atau software-software khusus pendukung firewall seperti ipchains,   atau   iptables  pada   linux,   dsb.  Serta   konfigurasi   hardware   yang   akan  mendukung   firewall tersebut.
1.      Melakukan test konfigurasi
Pengujian terhadap firewall yang telah selesai dibangun haruslah dilakukan, terutama  untuk mengetahui hasil yang akan kita dapatkan, caranya dapat menggunakan tool - tool yang biasa dilakukan untuk mengaudit seperti nmap.
Bastion Host adalah sistem/bagian yang dianggap tempat terkuat dalam sistem   keamanan jaringan oleh administrator atau dapat  disebut bagian terdepan yang dianggap paling kuat dalam menahan serangan, sehingga menjadi bagian terpenting dalam  pengamanan jaringan, biasanya  merupakan komponen firewall atau bagian terluar   sistem publik.  Umumnya Bastion Host  akan menggunakan sistem operasi yang dapat menangani semua kebutuhan (misal , Unix, linux, NT).

Tidak ada komentar:

Iklan

EuroTradeMails EuroTradeMails instaptr.com