Senyumku adalah semangat kalian, karena kalian ku bisa sampai sekarang ini, menjadi dewasa dan banyak pengalaman, terima kasih sahabat.

Minggu, 20 Juni 2010

Topologi Jaringan

Topologi adalah suatu cara untuk menghubungkan antara komputer satu dengan computer yang lainnya sehingga membentuk jaringan. Topologi yang paling banyak digunakan adalah Bus, Token Ring, dan Star. Masing-masing topologi mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri.
 Topologi BUS
Topologi Bus adalah topologi yang hanya menggunakan sebuah kabel tunggal atau pusat dimana seluruh workstation dan server dihubungkan.


Keuntungan menggunakan topologi bus adalah Hemat Kabel, Layout Kabel Sederhana, Pengembangan Jaringan atau penambahan workstation mudah karena tidak menganggu yang lainnya. Sedangkan kerugiannya adalah Deteksi dan Isolasi kesalahan sangat kecil, Kepadatan Jalur utama, Apabila kabel mengalami ganguan maka semua juga akan terkena, Diperlukan repeater jarak jauh.
 Topologi Token Ring
Topologi Token Ring adalah topologi yang semua workstation dan server dihubungkan sehingga terbentuk pola lingkaran atau cincin. Tiap workstation dan server akan menerima dan melewatkan informasi dari satu komputer ke komputer lain, bila alamat yang dimaksud sama maka akan diterima kalau beda akan dilewatkan.
`



Keunggulan topologi ini adalah tidak terjadinya collision <> karena hanya ada satu node yang dapat mengirimkan data pada suatu saat. Sedangkan kelemahan topologi ini adalah setiap node dalam jaringan selalu ikut serta mengelola informasi sehingga menganggu jaringan.
 Topologi Star
Topologi Star adalah topologi yang paling banyak digunakan karena kemudahan dalam pembuatnya. Pada topologi ini workstation dihubungkan secara langsung ke HUB, selain itu kabel tersendiri untuk setiap workstation, maka bandwidth <>semakin lebar sehingga unjuk kerja jaringan secara keseluruhan.





Keunggulan topologi ini adalah paling Flexibel, Pemasangan / perubahan stasiun sangat mudah, control terpusat dan kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan. Sedangkan Kelemahan topologi ini adalah boros kabel, perlu penanganan khusus, HUB jadi Elemen kritis.

Tidak ada komentar:

Iklan

EuroTradeMails EuroTradeMails instaptr.com