Senyumku adalah semangat kalian, karena kalian ku bisa sampai sekarang ini, menjadi dewasa dan banyak pengalaman, terima kasih sahabat.

Minggu, 20 Juni 2010

LANGKAH PEMBUATAN JARINGAN LAN


Kali ini kita akan membangun sebuah jaringan LAN dengan menggunakan 10 client dan 1 server didalamnya.dan dalam ruangan 6 X 6 meter dengan memakai topologi star. Dan hal-hal yang harus kita persiapkan adalah

Ø Persiapan

Dalam membangun jaringan LAN langkah pertamam yang harus ditempuh adalah mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan seperti :

· Perangkat komputer siap pakai 11 buah

· HUB / Switch 16 port 1 buah

· Kabel UTP 300 meter

· Konektor RJ45 30 buah

· Tang Crimping 4 buah

· Lan Tester 2 buah

Ø Proses

  1. Sebelum melakukan pengkabelan ada baiknya menggambar atau mendesain sebuah jaringan yaitu mengatur tata letak komputer yang akan dibuat jaringan sehingga mudah dalam pembangunannya.
  2. Setelah jadi desainnya lakukan pengukuran kabel yang diperlukan dan setelah selesai lakukan langkah selanjutnya

Reserved: serverReserved: 4Reserved: 1

  1. Langkah selanjutnya adalah ambil kabel UTP , Tang Crimping dan Konektor RJ45.
  2. Potong kabel dengan ukuran yang ditentukan lalu beri perpanjangan 30cm atau 50cm untuk mencegah jika terjadi kesalahan, lalu Kupas kabel UTP dengan menggunakan Tang Crimping, kemudian urutkan kabel sesuai dengan posisinya, buat pengkabelan straight dan ratakan agar bisa terkoneksi dengan baik.

Panjang kabel Dari HUB ke

Server = 3 meter Client 1 = 8 meter Client 2 = 5,5 meter Client 3 = 5,5 m

Client 4 = 9 meter Client 5 = 7 meter Client 6 = 7 meter Client 7 = 11 m

Client 8 = 9 meter Client 9 = 8 meter Client 10 = 8 meter

  1. Susunannya adalah putih orange, orange, putih hijau, biru, putih biru, hijau, putih cokelat, dan cokelat.
  2. Setelah tersusun seperti diatas maka langkah selanjutnya adalah memasukkan kabel ke dalam konektor RJ45, cara memasangnya konektor RJ45 dibalik jadi yang bagian bawah menjadi diatas.
  3. Setelah itu crimp dengan Tang Crimping hingga berbunyi Klik, lalu antara ujung satu dengan ujung satunya harus sama susunannya.
  4. Dan lakukan itu sebanyak yang diperlukan jika 10 client maka buat 10 pengkabelan yang sempurna. Dan setelah satu kabel siap untuk digunakan, lakukan pengetesan mengunakan LAN Tester apakah sudah terkoneksi semua atau belum. Dan lakukan pengetesan setelah kabel siap digunakan.
  5. Setelah semuanya siap tancapkan konektor yang telah siap digunakan pada HUB dan Komputer. Dan sebuah Jaringan LAN telah selesai dibuat dan tinggal melakukan konfigurasi IP Address, Subnet Mask, Default gateway, workgroup, DNS server.

Tidak ada komentar:

Iklan

EuroTradeMails EuroTradeMails instaptr.com