Senyumku adalah semangat kalian, karena kalian ku bisa sampai sekarang ini, menjadi dewasa dan banyak pengalaman, terima kasih sahabat.

Minggu, 20 Juni 2010

Type Jaringan

Type Jaringan sangat terkait erat dengan sistem operasi jaringan. Ada 2 type jaringan yaitu client-server dan peer to peer :

1. Jaringan Client- Server

Server adalah komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer lain di dalam jaringan. Client adalah komputer-komputer yang menerima dan memanfaatkan fasilitas yang telah diberikan oleh server.

Type jaringan Client-Server ini disebut dengan Dedicated Server karena murni berperan server dan server tidak bisa menjadi workstation. Keunggulannya adalah kecepatan akses lebih tinggi, system keamanan dan administrasi jaringan lebih baik karena ada admin, system Backup lebih baik karena terpusatdi server. Sedangkan Kelemahannya adalah Biaya operasionalnya relative mahal, Adanya komputer Server, dan kelangsungan jaringan sangat tergantung server.

2. Jaringan Peer to Peer

Jaringan Peer to Peer merupakan jaringan yang non dedicated server, karena server tidak berperan server murni melainkan juga bisa berperan sebagai client. Keunggulan type jaringan ini adalah antar komputer dalam jaringan dapat saling berbagi fasilitas missal printer, lalu biaya operasionalnya relative murah, kelangsungan kerja tidak tergantung server. Sedangkan kelemahannya adalah troubleshouting jaringan relative sulit, unjuk kerja lebih rendah, system keamanan jaringan ditentukan oleh masing-masing user dan backup data harus dilakukan masing-masing komputer.

Tidak ada komentar:

Iklan

EuroTradeMails EuroTradeMails instaptr.com